Hati-hati, Buah-buahan Ini Bisa Bikin Perut Kembun.!!



Hati-hati, Buah-buahan Ini Bisa Bikin Perut Kembun.!!
Apel. (Shutterstock)

Apa sih yang jadi penyebabnya?

 Mengonsumsi buah-buahan sangat dianjurkan karena kandungan nutrusinya yang tinggi. Tapi meski tampak menyehatkan, ada beberapa jenis buah-buahan yang bila dikonsumsi justru memicu rasa kembung.

Menurut ahli nutrisi, buah-buahan ini bukan berarti tak sehat, namun kandungan fruktosa dan sorbitol di dalamnya yang memicu produksi gas berlebih. Agar tak salah konsumsi, yuk kenali buah-buahan apa saja yang memicu rasa kembung, seperti dilansir laman Womenshealthmag.

1. Apel
Buah satu ini dikenal kaya akan antioksidan sehingga dapat memperlambat penuaan dan mencegah timbulnya berbagai penyakit serius. Namun, pada sebagian orang, kandungan fruktosa sulit dicerna sehingga memicu rasa tak nyaman pada lambung. Untuk mencegah timbulnya kembung, Anda bisa mengonsumsi apel kira-kira setengahnya saja dan kunyah secara perlahan.

2. Pir
Kandungan pektin yang terdapat pada buah satu ini memang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol. Tapi sayangnya, pir juga mengandung sorbitol sebagai pemicu rasa kembung. Jadi bagi Anda yang tak ingin merasa kembung, bisa membatasi konsumsi buah pir.

3. Ceri, Anggur, Mangga, Nanas
Keempat jenis buah-buahan ini mengandung gula dalam jumlah besar dan sebagian diantaranya tidak bisa diserap dengan sempurna ke dalam usus kecil. Akhirnya gula yang tak diserap itu terjebak di usus besar dan menyebabkan perut kembung. Untuk mengatasi rasa kembung yang mungkin timbul saat mengonsumsi buah-buahan ini yakni dengan mengunyahnya lebih lama dan membatasi asupan karbohidrat dan gula sepanjang hari.

4. Kismis dan buah kering
Buah yang dikeringkan ini mengandung gula yang disukai bakteri di usus lalu memfermentasikannya namun tak bisa dicerna sehingga memicu produksi gas berlebih di lambung. Untuk menyiasati rasa kembung akibat mengonsumsi buah ini, Anda bisa menambah asupan probiotik agar kualitas bakteri baik di usus lebih terjaga.