Sayur Ini Berkhasiat Untuk Kecantikan.!!


Sayur Ini Berkhasiat Untuk Kecantikan.!!


Kubis. (dok.suaradesa)

  Kubis atau kol merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Memiliki nama latin Brassica oleracea L. Kobis merupakan sayuran yang dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi. Sayuran ini bentuknya bulat yang merupakan susunan dari dari daun-daun. Daun terluar berwarna kehijauan dan yang mudah berwarna putih. Bagian daun yang muda inilah yang biasa dimasak sebagai sayur.

Seperti jenis sayuran lainnya, kubis juga kaya akan vitamin, mineral dan tentunya serat. Diantaranya vitamin C, K, E, A, dan asam folat, serta memiliki kandungan sulfur, kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium. Di dalam 70 gram kubis terdapat kandungan 15 kalori; 4,3 g karbohidrat; 2,2 g serat; dan 0,1 g lemak.  Berikut adalah beberapa manfaat kubis :

Kesehatan otak
Kandungan vitamin K dan anthocyanins yang terdapat dalam kubis mampu menjaga kondisi otak serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Kedua nutrisi ini dapat mencegah kerusakan saraf dan mengurangi resiko penyakit alzheimer. Bahkan menyembuhkan alzheimer.

Mencegah kanker
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kubis memiliki kemampuan dalam mencegah sel-sel kanker, seperti kanker payudara. Hal ini dikarena kandungan senyawa seperti lupeol, sinigrin, dan sulforaphane yang mampu menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.

Menurunkan berat badan
Kubis merupakan makanan tepat untuk membantu program diet Anda. Sayuran ini rendah kalori dan tinggi kandungan seratnya sehingga dapat mengurangi kelebihan lemak di dalam tubuh.