Insomnia Ganggu Produktivitas, Ini Cara Mengatasinya

Insomnia Ganggu Produktivitas, Ini Cara Mengatasinya


Insomnia. (sumber : Getty)
Insomnia. (sumber : Getty)
SUSAH tidur, atau yang lebih dikenal dengan sebutan insomnia, sering kali mengganggu tingkat produktivitas bahkan dapat menyebabkan kualitas hidup seseorang menurun.
Menurut beberapa sumber, ada jenis makanan atau minuman yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini, berikut daftarnya :
* Susu dan olahannya.
Susu hangat, sering dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang sulit tidur karena dipercaya dapat merangsang rasa kantuk. Ternyata, tidak hanya susu hangat yang bisa memicu kantuk, segala jenis produk hasil olahan susu, seperti keju dan yogurt dapat membantu untuk memproduksi zat melatonin yang memicu rasa kantuk.
* Madu
Gula alami yang terkandung dalam madu, dapat meningkatkan kadar insulin sehingga memungkinkan triptofan (zat yang dapat membuat rileks dan kantuk) memasuki otak lebih mudah, menurut ahli gizi Lindsey Duncan sperti dilansir DrOz.com. Sesendok madu sebelum tidur, atau mencampurnya dengan teh bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak.
*Sayuran
Mengkonsumsi sayur-sayuran setiap hari atau menjelang tidur, dapat membantu Anda tidur lebih pulas. Sayuran yang dimaksud yaitu selada, brokoli, bayam yang banyak mengandung triptofan.
*Pisang
Pisang diketahui banyak mengandung kalium dan magnesium, yang berfungsi mengendurkan otot-otot Anda sehingga Anda lebih rileks dan mudah untuk tidur pulas.
*Kentang
Makan kentang, ternyata juga mampu membuat tidur Anda lebih pulas. Ini dikarenakan, kentang membantu mengurangi asam yang dapat menghalangi triptofan masuk ke otak yang mengakibatkan tubuh tidak rileks dan sulit tidur.(embun)