Kandungan Kol dapat Mencegah Kanker.!!

Kandungan Kol dapat Mencegah Kanker.!!

(Foto:ypl/suaradesa)
 Kubis atau kol merupakan sayuran yang termasuk kedalam jenis Brassico atau cruciferous family, yang juga termasuk brokoli, kale dan kembang kol. Sayuran jenis ini dapat tumbuh di setiap jenis tanah, tetapi akan tumbuh baik terutama di tanah yang subur, semakin subur tanah semakin cepat pula tumbuhnya.
Selain digunakan dalam berbagai hidangan, kol juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Manfaat kol untuk kesehatan karena tumbuhan ini kaya akan fitonutrien dan berbagai sumber vitamin seperti vitamin A, C dan vitamin K. Ini semua adalah antioksidan alami yang dapat membantu mencegah kanker dan penyakit jantung, serta menjaga radikal bebas.
Kol juga merupakan sumber serat makanan yang baik, menyediakan hampir 15% asupan makanan harian yang disarankan. Serat sangat penting untuk memastikan sistem pencernaan tubuh berfungsi pada tingkat optimal. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat kol atau kubis yang baik untuk kesehatan.
Mengandung vitamin C
Tidak hanya buah-buahan seperti pada jeruk, anggur atau pada apel terdapat kandungan vitamin C, kol juga memilikinya sehingga akan menjadikan sistem imun yang lebih kuat. Vitamin C juga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit seperti juga pada manfaat minyak zaitun dan manfaat minyak almond.
Mencegah kanker
Golongan kubis-kubisan seperti kol memiliki zat yang mampu memerangi sel kanker dalam tubuh. Zat tersebut akan merangsang enzim untuk menahan laju pertumbuhan tumor. Penelitian di Cina juga menghasilkan wanita yang mengkonsumsi sejumlah sayuran seperti kol, brokoli mengalami penurunan resiko terjadinya gejala kanker payudara.
Baik untuk jantung
Kandungan kalium dalam kol sangat berperan untuk kesehatan jantung dan menjaga peredaran darah agar tetap sehat dan terhindar dari penyumbatan pembuluh darah ke jantung.
Mengatasi Sakit Kepala
Menggunakan daun kubis yang dikompres hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit pada kepala. Selain itu, menghancurkan daun kubis dan meletakkannya di dahi juga dapat meringankan sakit kepala. Untuk sakit kepala kronis, membuat jus kubis 25-50 ml dapat membantu membasmi sakit kepala tersebut.