Konsumsi Makanan Ini Saat Remaja Mampu Turunkan Risiko Kanker.!

Konsumsi Makanan Ini Saat Remaja Mampu Turunkan Risiko Kanker.!

  Konsumsi Makanan Ini Saat Remaja Mampu Turunkan Risiko Kanker
Pola makan dapat memengaruhi risiko seseorang terhadap penyakit kanker. (Pixabay/Geralt)
Konsumsi buah dan sayur, merupakan salah satu pola makan sehat yang harus diterapkan oleh semua orang. Selain menjaga agar tubuh tetap sehat, buah dan sayur juga terbukti dapat mencegah kanker. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa, risiko kanker dapat diturunkan dengan konsumsi makanan segar, dan menghindari daging merah yang diproses.
Penelitian yang dilakukan oleh Harvard T. H. Chan School of Public Health, meneliti bagaimana pola makan saat remaja dapat memengaruhi risiko kanker. Penelitian yang dilakukan terhadap 90.000 wanita, membuktikan bahwa remaja puteri yang mengonsumsi minimal tiga porsi buah setiap hari, memiliki risiko lebih rendah 25 persen untuk mengalami kanker payudara.
Apel, pisang, dan anggur, adalah jenis buah-buahan yang paling berperan dalam menurunkan risiko kanker payudara. Ketiga buah-buahan tersebut kaya akan flavonoid, yang bertindak sebagai antioksidan dan berfungsi untuk melawan kerusakan sel, yang dapat menjadi pemicu pertumbuhan sel abnormal.
Mengingat pentingnya manfaat buah dan sayur dalam melawan kanker, maka pihak keluarga dan sekolah sebaiknya memfasilitasi agar remaja bisa mendapatkan buah dan sayur yang cukup. Bukan hanya mencegah kanker, konsumsi buah dan sayur juga dapat melancarkan pencernaan, mencegah obesitas, dan mencegah penyakit jantung.
Selama ini banyak penyakit yang terjadi akibat pola makan yang tidak sehat. Konsumsi buah dan sayur juga belum menjadi budaya. Maka penting untuk membiasakan pola makan sehat sejak dini. Apalagi belakangan ini banyak penyakit degeneratif yang mulai terjadi saat seseorang masih berusia muda.