Ini Makanan yang Harus Dimakan saat Sembelit.!!

Ini Makanan yang Harus Dimakan saat Sembelit.!!

 

Makanan yang Harus Dimakan saat Sembelit


Makan apel segar saat sembelit atau sembelit adalah masalah pencernaan yang paling umum dialami banyak orang. Faktor stres, dehidrasi, dan kurang makanan berserat adalah hal yang cukup sering sebabkan Anda harus berlama-lama di toilet.
“Anda butuh serat yang dapat membantu mendorong makanan melalui saluran cerna,” kata Sharon Palmer, RDN, penulis Plant-Powered for Life, Untuk itu, adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi ketika sembelit untuk melancarkan pencernaan.

Kacang-kacangan

“Makan setengah cangkir kacang-kacangan setiap hari akan sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Ini karena kacang-kacangan mengandung serat, protein, vitamin, dan mineral, kata Palmer. Ini bisa Anda tambahkan ke dalam salad, sup, dan pasta.

Brokoli

Banyak dari kita tahu bahwa brokoli menyehatkan bagi tubuh. Kaya akan vitamin, protein, dan serat penting, makan cukup brokoli akan membantu menyehatkan saluran cerna. Tambahkan secangkir brokoli matang untuk makan siang atau makan malam untuk tambahan lima setengah gram serat.

Oatmeal

Oat penuh serat yang akan membantu menyerap air, melunakkan kotoran sehingga membuatnya mudah dikeluarkan. Oatmeal juga mengandung serat larut yang meningkatkan kotoran menjadi padat dan menggerakkan usus.

Bayam
Secangkir bayam memiliki empat gram serat dan magnesium, yaitu mineral yang bisa membantu menggerakkan kotoran, kata Dr Sam. Magnesium sering ditemukan di dalam obat pencahar, tapi magnesium dalam makanan adalah pilihan yang aman bagi kebanyakan orang.

Chia seed atau flaxseed

Biji-bijian ini sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam diet Anda, kata Dr Sam. Dua sendok makan chia seed saja bisa menyumbang lima gram serat, takaran tersebut juga hampir setara dengan empat gram flaxseed.

Beri

Setengah cangkir buah-buahan jenis beri seperti stroberi, blackberry, dan yang lainnya mengandung empat gram serat. Buah-buahan ini tidak hanya mengandung tinggi serat, tetapi juga air dan mineral penting untuk membantu pencernaan.

Pir

Pir penuh dengan antioksidan dan vitamin. Pir juga salah satu buah yang paling berserat, sehingga menambahkan mereka ke dalam diet Anda adalah cara lain untuk meringankan ketidaknyamanan Anda di kamar mandi.

Apel

Makan sebuah apel sehari untuk kesehatan masih menjadi saran emas. Satu apel kecil dengan kulit mengandung 3,6 gram serat. Dari kulit sampai daging buah apel mengandung serat larut yang bisa berfungsi sebagai pencahar alami.

Buah kering
Jika Anda sedang mencari pilihan camilan sehat, pilihlah buah-buahan kering. Buah kering, tergantung dari jenis buah, bisa mengandung kaya serat, sorbitol, dan fruktan yang merupakan gula alami yang memiliki efek pencahar.