4 Olahraga Simpel untuk Menjaga Kesehatan Jantung !

4 Olahraga Simpel untuk Menjaga Kesehatan Jantung ! 

Jakarta - Banyak orang yang sudah paham pentingnya berolahraga untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, yang menjadi masalah adalah waktu yang terbatas atau bahkan sulit mencari waktu luang untuk berlatih fisik.

Bila sulit untuk menghabiskan banyak waktu di pusat kebugaran atau olahraga berat, cobalah sesuatu yang ringan tapi bermanfaat dan tak perlu menyita waktu khusus.

1. Jalan kaki
Aktivitas fisik ini santai dan menyenangkan sekaligus menyehatkan. Sebuah penelitian di Harvard School of Public Health di Amerika Serikat menemukan fakta bahwa berjalan kaki selama 30 menit setiap hari bisa memangkas risiko terserang penyakit jantung hingga 18 persen. Sementara itu, untuk penderita diabetes, dua jam berjalan kaki dalam sepekan bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 34 persen.

2. Lari
Lari juga cara yang efektif untuk mencegah penyakit jantung asalkan dilakukan dengan cara yang aman. Menurut para peneliti dari Harvard, lari minimal satu jam dalam seminggu bisa mengikis risiko penyakit jantung hingga 42 persen.

Latihan aerobik dengan intensitas tinggi seperti lari sering dikaitkan dengan peningkatan kesehatan kardiovaskular, termasuk menjaga kesehatan fisik, meningkatkan kolesterol baik (HDL), menurunkan tekanan darah, serta mencegah peradangan.

3. Yoga
Yoga juga baik dilakukan untuk menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol serta menurunkan tekanan darah dengan cara mengurangi stres dan kegelisahan. Sebuah penelitian di India mendapatkan fakta bahwa orang yang sering melakukan yoga dan diiringi dengan konsumsi makanan sehat mengalami penurunan kadar kolesterol hingga 23 persen an peningkatan kesehatan jantung antara 43 sampai 70 persen.

4. Angkat beban
Berlatih angkat beban bisa membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula dalam darah dengan cara memperbaiki jaringan otot dan membuang jaringan lemak dalam tubuh. Latihan ini juga bisa memperbaiki metabolisme sehingga baik untuk mengontrol berat badan